Cara Menuliskan Simbol Mata Uang Rupiah Secara Otomatis di Microsoft Word 2007

Cara Menuliskan Simbol Mata Uang Rupiah Secara Otomatis di Microsoft Word 2007

Tulisan simbol mata uang fasih dianggap sebagai hal yang penting karena dapat menarik perhatian pembaca. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara menuliskan simbol mata uang Rupiah dalam Microsoft Word 2007. Simbol ini bisa didapatkan dengan cepat, sehingga Anda bisa membuat sentuhan professional pada tulisan anda.

Untungnya, tidaklah sulit menuliskan simbol mata uang Rupiah di Microsoft Word 2007. Hanya dengan beberapa langkah sederhana, Anda akan dapat menambahkan simbol Rupiah secara otomatis. Juga, karena cara ini tidak membutuhkan banyak langkah, Anda akan bisa cepat menuliskannya.

Cara Menuliskan Simbol Mata Uang Rupiah di Microsoft Word 2007

Rupiah atau Simbol Mata Uang yang biasa digunakan di Indonesia membuat orang harus menghafalkan kode khusus untuk mencantumkannya dalam dokumen. Anda bisa menggunakan kode tertentu atau bisa juga menggunakan fungsi Autocorrect untuk menuliskannya di Microsoft Word 2007 dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menuliskan simbol mata uang Rupiah di Microsoft Word 2007 secara otomatis.

Menggunakan Kode Tertentu

  1. Mari kita mulai dengan melakukan langkah yang paling mudah. Pertama-tama, buka Microsoft Word 2007 yang ada di komputer Anda.
  2. Kemudian tekan tombol ALT+0xA3; simbol Rupiah $_ akan muncul pada layar Anda. Tombol ini berfungsi sama di semua jenis pena tulis dalam Microsoft Office.
Baca Juga:  Inkjet vs Laser: Mana yang Harus Dipilih?

Menggunakan Autocorrect

Jika Anda ingin menggunakan fungsi Autocorrect, Anda bisa lakukan melalui beberapa langkah berikut:

  1. Buka Microsoft Word. Pilih menu tab Microsoft Office.
  2. Kemudian pilih Word Options dan pada jendela yang muncul, pilih Proofing.
  3. Akan muncul jendela Replace Text, di mana Anda bisa memasukkan informasi. Ketik Rp. dalam kolom Find What dan Rp. $_ pada kolom Replace with.
  4. Kemudian akan muncul tombol Find & Replace Polices. Tekan pada Set for Current Document. Nilai yang Anda masukkan akan disimpan secara default dalam Microsoft Word Anda.
  5. Kemudian tekan tombol OK. Tutup jendela dengan cara menekan tombol Microsoft Office dan kemudian tekan tombol Exit.
  6. Selesai, sekarang Anda bisa menuliskan simbol Rupiah secara otomatis dengan cara mengetik kata “Rp.” (tanpa tanda kutip) dan tombol spasi.

Itulah cara menuliskan simbol mata uang Rupiah di Microsoft Word 2007 dengan cepat dan mudah. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah dalam mencantumkan simbol mata uang Rupiah dalam dokumen Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Menggunakan Autocorrect untuk Menuliskan Simbol Rupiah Otomatis

Simbol mata uang Rupiah adalah singkatan paling populer dari mata uang tersebut dengan kode IDR atau Rp. Berikut trik sederhana untuk menuliskan simbol Rupiah secara otomatis di Microsoft Word 2007.

Cara Menuliskan Simbol Mata Uang Rupiah Secara Otomatis di Microsoft Word 2007

Ada 2 cara yang bisa anda gunakan untuk menuliskan simbol Rupiah di Microsoft Word 2007. Cara pertama adalah memasang autocorrect yang akan mengganti semua kata yang anda tuliskan menjadi tanda Rupiah. Cara kedua anda bisa menggunakan templat untuk menuliskan simbol Rupiah secara otomatis. Berikut adalah cara-cara yang bisa anda gunakan untuk menuliskan simbol Rupiah otomatis di Microsoft Word 2007.

  1. Buka Microsoft Word 2007 dan pilih opsi auto correct dari pojok kiri atas. Klik tombol AutoCorrect Options dan Setttings lalu pilih tab Autocorrect.
  2. Kemudian di dalam tab Autocorrect, Anda bisa hidupkan opsi Replace Text As You Type
  3. Pada kolom Replace, anda bisa memasukkan kata Rp atau RP, sedangkan pada kolom With anda bisa memasukkan karakter Rupiah dengan cara menekan tombol Alt+0128 (menggunakan tombol keypad yang ada di sebelah kanan di keyboard anda). Setelah itu klik Add.
  4. Setelah kata RP di dalam kolom Add terisi, anda bisa mengklik OK dan simbol Rupiah akan terbentuk secara otomatis saat anda menuliskan kata Rp, tanpa perlu menekan tombol alt.
Baca Juga:  Cara Reset Print HP OfficeJet 3830

Cara tersebut dapat membantu anda dalam membuat simbol rupiah secara lebih cepat dan mudah. Selamat mencoba.

Tips dan Trik dalam Menggunakan Simbol Rupiah di Microsoft Word 2007

Microsoft Word 2007 telah menyediakan berbagai macam / fitur-fitur yang dapat digunakan oleh para penggunanya. Salah satu fitur tersebut adalah penulisan simbol rupiah. Berikut adalah cara-cara untuk menggunakan simbol rupiah secara otomatis di Microsoft Word 2007:

1. Pilihlah ‘Symbol’

Untuk menuliskan simbol rupiah, kamu harus membuka penggunaan fitur Symbol. Caranya, klik pada tab “insert” lalu pilih “Symbol” di menu dropdown-nya. Kemudian pilihlah ‘More Symbol’ di bagian bawah.

2. Pilih Simbol Rupiah

Setelah itu, akan muncul jendela ‘Symbol’. Pada panel “Subset” pilihlah “Currency”, kemudian pada panel “Symbol” pilihlah simbol rupiah. Lalu klik ‘Insert’ pada bagian bawah, maka simbol rupiah akan langsung terpasang pada dokumen yang kamu buka.

3. Masukkan Angka Rupiah

Setelah simbol rupiah terpasang, kamu dapat memasukkan angka sesuai dengan jumlah rupiah yang akan kamu tuliskan. Tidak perlu khawatir simbol rupiah akan berubah. Karena simbol rupiah akan tetap terpasang dan hanya angka yang akan berubah.

4. Simpan Perubahan

Ketika sudah selesai, perlu diingat untuk menyimpan juga perubahan yang telah dilakukan pada dokumen Microsoft Word 2007. Untuk melakukannya, klik “save”, atau jika ingin menyimpan dengan nama yang berbeda, pilih “save as” di menu ‘File’. Setelahnya kamu dapat menggunakan atau membagikan dokumen yang telah kamu buat.

Kesimpulan

Microsoft Word 2007 memungkinkan Anda untuk dengan mudah memasukkan simbol Mata Uang Rupiah secara otomatis. Teknik ini tidak hanya bekerja pada Word 2007, tetapi juga berlaku untuk versi Office lainnya.

Baca Juga:  Membuat Logo Akuntansi Keuangan untuk Lembaga Anda

Dengan metode ini, Anda dapat menambahkan simbol Mata Uang Rupiah ke dokumen Word dengan cepat dan mudah, tanpa perlu menghafalkan kode simbol dan mengetikkannya ke dokumen satu per satu.