Cara Reset Print Canon PIXMA G5020

Cara Reset Print Canon PIXMA G5020

Mesin printer menjadi salah satu alat penting bagi berbagai tugas. Apalagi Canon PIXMA G5020 ini, yang merupakan mesin printer yang sangat hebat. Produk ini merupakan salah satu dari seri type G printer all-in-one canggih dari Canon.

Sayangnya, seperti perangkat lain, printer juga dapat mendapatkan berbagai masalah yang berpotensi untuk membuat perangkat Anda berhenti berfungsi. Salah satu cara untuk mengatasi masalah yang Anda alami adalah dengan melakukan reset Canon PIXMA G5020. Untuk membantu Anda, berikut adalah beberapa cara untuk melakukan reset dengan mudah.

Pengenalan Printer Canon PIXMA G5020

Canon PIXMA G5020 adalah printer All-In-One (AIO) yang cocok digunakan baik untuk penggunaan pribadi maupun bisnis. Printer ini dibekali dengan desain yang ringkas dan mampu mencetak dengan kualitas tinggi serta berfungsi secara efisien.

Spesifikasi Printer Canon PIXMA G5020

Canon PIXMA G5020 menawarkan beragam fitur yang bisa dikatakan luar biasa. Berikut spesifikasinya.

  • Sistem printer: “> inkjet berwarna
  • Kecepatan cetak hitam-putih: 15.0 ipm
  • Kecepatan cetak warna: 10.0 ipm
  • Resolusi cetak maksimal: 4800 x 1200 dpi
  • Koneksi Wifi: Ya
  • Ukuran kertas yang didukung: A4, A5, B5, LTR, LGL, 4 x 6 ”, 5 x 7”, 8 x 10 ”, 10 x 12”, Envelope DL, Envelope#10

Canon PIXMA G5020 juga dibekali dengan dua botol tinta yaitu tinta hitam tingkat tinggi dan tinta warna tingkat tinggi. Tinta tersebut mampu mensuplai cetakan yang tahan lama dan tidak mudah luntur.

Baca Juga:  Cara Reset Print HP LaserJet Pro MFP M227fdn

Cara Reset Print Canon PIXMA G5020

Ketika anda mengalami masalah dengan printer Canon PIXMA G5020, anda dapat meresetnya menggunakan beberapa tindakan mudah. Cara reset ini dapat mengembalikan printer ke kondisi default. Berikut adalah panduan singkat untuk mereset printer Canon PIXMA G5020:

1. Matikan Printers dan Ikat Kabel Listrik

Matikan printer Canon PIXMA G5020, kemudian lepaskan bagian belakang printer untuk mencapai kepala cetak dan kabel listrik. Dengan begitu tujuan ini anda perlu mengikat kembali kabel listrik ketika anda selesai mereset printer.

2. Tekan Tombol RESET

Tekan dan tahan tombol RESET pada printer Canon PIXMA G5020 selama 10 detik, untuk mereset printer. Tombol RESET biasanya berada di bawah lubang yang memiliki sebuah logo “RESET”.

3. Tancapkan Kembali Kabel Printer

Pasangkan kabel listrik dan kabel konektor kembali ke konektor bagian belakang printer. Sedangkan pasangkan kabel data USB ke port USB di sisi depan. Jika semua tersambung kembali dengan benar. Anda dapat menyalakan printer Canon PIXMA G5020.

4. Reset Settingan Printer

Setelah printer dihidupkan, printer akan mereset settingan default dari printer. Anda dapat melakukan reset ulang pada berbagai settingan default printer dengan menggunakan menu Setup. Carilah menu reset printer dan ikuti instruksi pada layar, untuk mereset printer Canon PIXMA G5020.

Kelebihan Print Canon PIXMA G5020

Selain menggunakan jenis tinta pigment, Canon juga membekali printer ini dengan wireless printing dan cloud printing. Dengan fitur-fitur tersebut memudahkan pengguna untuk print dokumen dari gadget yang dimilikinya.Berikut adalah beberapa kelebihan dari Print Canon PIXMA G5020 :

  • Memiliki fitur Wi-Fi printing.
  • Memiliki fitur cloud printing.
  • Cetakan hasilnya cukup bagus.
  • Memiliki jenis tinta pigment.
  • Ukurannya cukup kecil jadi sangat cocok untuk dijadikan printer pribadi.
  • Memiliki fitur auto double-sided print yang memudahkan untuk cetak 2 sisi secara otomatis.
Baca Juga:  Cara Reset Print Epson SureColor P700

Kekurangan Print Canon PIXMA G5020

Sayangnya beberapa kekurangan juga ada dari Print Canon PIXMA G5020 dan berikut adalah kekurangan yang paling terlihat :

  • Memiliki waktu cetak yang relatif lama.
  • Bentuk scanner copier membuat beban pekerjaan menjadi lebih berat.
  • Membutuhkan biaya tambahan untuk mengganti tinta.
  • Cukup berisik saat melakukan print.

Kesimpulan

Proses reset printer Canon PIXMA G5020 cukup mudah, yaitu melepas dan memasang kembali kabel power, membuka panel alat Anda, menekan tombol dan tombol pengaturan yang sesuai, dan kemudian membuka belakang printer Canon.

Setelah itu, Anda dapat mudah mengatur ulang pengaturan printer melalui menu pengaturan, ataupun dengan menggunakan sekumpulan tombol, sehingga printer Anda akan kembali berfungsi dengan normal.