Cara Reset Print Canon Selphy CP 1200

Cara Reset Print Canon Selphy CP 1200

Cara reset printer Canon Selphy CP 1200 adalah salah satu solusi ketika mengalami kesulitan dengan printer Anda. Kebanyakan masalah yang biasanya terjadi pada printer Canon Selphy CP 1200 terkait dengan mensetting kembali printer. Banyak orang yang menganggap bahwa terdapat banyak prosedur yang rumit untuk melakukan reset pada printer Canon Selphy CP 1200. Namun, jika Anda memahami cara kerjanya, maka prosedur ini tidaklah sulit. Berikut ini adalah cara reset printer Canon Selphy CP 1200.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan printer. Untuk melakukannya, Klik tombol “Power” di sisi kiri printer Canon Selphy CP 1200. Kemudian tunggulah hingga sinyal power berhenti. Meskipun proses ini cukup mudah, ada baiknya jika Anda memahami kebijakan dari printer terlebih dahulu. Setelah printer dimatikan, barulah Anda dapat melanjutkan untuk reset printer.

Pengenalan Print Canon Selphy CP 1200

Print Canon Selphy CP 1200 merupakan hasil inovasi dari Canon di bidang teknologi printing. Canon dengan produk berkualitas telah menjadi salah satu brand yang paling disukai di kalangan pengguna printer.

Print Canon Selphy CP 1200 dapat memberikan hasil cetak foto yang berkualitas tinggi dan tahan lama. Print ini dapat menghasilkan hasil cetak dengan resolusi sampai dengan 300dpi. Selain itu, print ini memiliki kecepatan cetak yang cepat, yakni 47 detik untuk 1 foto.

Print Canon Selphy CP 1200 dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Digital mobile printing: dapat mencetak dari smartphone dan tablet dengan compatible aplikasi.
  • LCD screen dan beberapa navigation button: memudahkan pengguna untuk melakukan navigasi saat proses cetak.
  • Kartrid ink dan media cetak: tersedia dalam berbagai ukuran dan tipe.
  • Konektivitas USB dan WiFi: dapat menghubungkan printer ke PC dan media lainnya serta ke jaringan WiFi.
Baca Juga:  Cara Reset Print Brother MFC-J200

Print Canon Selphy CP 1200 dipergunakan untuk mencetak foto, label identitas, nama badge, undangan, dan lain-lain. Print ini merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang membutuhkan printer yang mudah dipindahkan dan dapat menghasilkan cetakan yang tinggi.

Cara Reset Print Canon Selphy CP 1200

Beberapa masalah yang terjadi ketika mencetak dengan printer Canon Selphy CP 1200 dapat diatasi dengan me-reset printer tersebut. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menekan tombol RESET di printer. Namun, jika cara ini tidak berhasil, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk meng-reset printer Canon Selphy CP 1200:

Langkah-Langkah Reset Printer Canon Selphy CP 1200

  1. Pastikan kabel listrik printer telah terhubung dengan benar.
  2. Hidupkan printer dengan menekan tombol POWER.
  3. Tekan dan tahan tombol Reset sambil memilih dan menekan tombol yang sesuai dengan menu yang ingin disetel, sampai ikon pengaturan muncul di layar.
  4. Gunakan tombol navigasi untuk memilih “Factory Reset” pada menu yang tersedia.
  5. Tekan tombol yang betul untuk menyelesaikan proses reset sampai layar berwarna hijau keluar.
  6. Setelah proses reset selesai akan ada layar yang mencetak laporan printer yang baru disetel.

Pentingnya Reset Printer Canon Selphy CP 1200

Me-reset printer dapat membantu Anda dalam menyelesaikan beberapa masalah, seperti printer tidak dapat terkoneksi dengan komputer, masalah kualitas cetak, atau masalah dengan jarak jangkauan sinyal. Reset juga memungkinkan Anda untuk mengatur ulang printer agar dia dapat berfungsi seperti sebelumnya.

Kelebihan Print Canon Selphy CP 1200

Canon Selphy CP 1200D merupakan sebuah alat cetak foto berukuran kecil, sangat praktis, dan mudah digunakan. Memang ada banyak brand lain yang memproduksi mesin cetak ini, namun keempatan dalam berkoneksi dan mempunyai fitur yang gampang untuk ditangani menjadi salah satu kelebihan print Canon Selphy CP-1200. Berikut kelebihan dari print Canon Selphy CP-1200 ini:

  • Memiliki koneksi nirkabel sehingga bisa mencetak foto melalui perangkat Android, iOS, dan juga PC
  • Menggunakan tipe Print Cartridge yang unik, baik cartridge tipe lama maupun cartridge tipe baru. Ini membuat pengguna mendapatkan hasil cetak yang lebih tajam dan jelas
  • Memiliki berbagai pilihan media, dari kertas plain paper hingga kertas glossy untuk hasil cetak yang lebih tajam.
  • Memiliki panel sentuh, yang membuat para pengguna mencetak foto dengan mudah dalam berbagai ukuran dan orientasi.
  • Memiliki output cetak yang relatif cepat untuk ukuran yang disarankan jenis cetakan ini yaitu sekitar 47 sekon per foto.
Baca Juga:  Cara Reset Print Canon PIXMA TS9520

Kekurangan Print Canon Selphy CP 1200

Terdapat beberapa keterbatasan dalam cetakan prints Canon Selphy CP-1200 ini. Yang paling disayangkan adalah, bahwa cetakan ini tidak dapat digunakan untuk mencetak pada berbagai bahan lain seperti kertas canvas, kertas bertekstur, dan sebagainya. Hal ini karena para pengguna tidak dapat memasukkan bahan cetak dari luar, dan kertas yang diperuntukkan bagi printer ini pun terbatas. Berikut beberapa kekurangan lainnya:

  • Kertas glossy dan tipe kertas lainnya yang terpresets dalam printer cukup mahal.
  • Format foto yang didukung oleh printer ini sangat terbatas, sehingga tidak mencakup hampir semua format foto yang populer saat ini.
  • Memiliki baterai yang sangat terbatas dan hanya tahan sekitar 40 foto per penggunaan.
  • Bisa jadi kurang cocok bagi pengguna yang ingin mencetak langsung dari perangkat Android atau iOS.
  • Mesin tidak mencakup pilihan fitur lain seperti ink refil, halaman antarmuka web, dan lainnya.

Kesimpulan

Dari beberapa langkah reset printer Canon Selphy CP 1200, dapat disimpulkan bahwa reset printer Canon Selphy CP 1200 perlu dilakukan agar printer tersebut dapat kembali bekerja dengan baik dan optimal. Pertama, hardware reset dapat dilakukan dengan melepas dan memasang ulang beberapa bagian printer. Kedua, reset melalui menu printer dapat dilakukan melalui layar LCD printer dengan mengikuti petunjuk yang tersedia. Terakhir, reset melalui Software dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi printer Canon Selphy CP 1200 yang tersedia di situs resmi.

Setelah reset, coba cetak beberapa dokumen untuk melihat apakah printer Canon Selphy CP 1200 berfungsi dengan baik atau belum. Jika printer masih mengalami masalah, cobalah untuk periksa koneksi printer terhadap komputer, mengatur driver yang tepat, atau berkonsultasi kepada teknisi profesional untuk menangani masalah terkait printer Canon Selphy CP 1200 yang Anda miliki.

Baca Juga:  Penyebab Hasil Print Putus-Putus dan Solusinya