Contoh Laporan Keuangan Yayasan Sekolah: Melihat Bagaimana Institusi Ini Dibiayai

Contoh Laporan Keuangan Yayasan Sekolah: Melihat Bagaimana Institusi Ini Dibiayai

Untuk memahami bagaimana sebuah yayasan sekolah dibiayai, penting untuk melihat laporan keuangan mereka. Laporan keuangan yayasan sekolah dapat memberikan informasi penting tentang sumber bantuan yang disalurkan melalui yayasan, bagaimana sumber daya tersebut digunakan dan bagaimana yayasan bertanggung jawab secara finansial.

Pada artikel ini, akan kami perlihatkan contoh laporan keuangan yayasan sekolah, baik itu sumber dana yayasan, pengeluaran dan tujuan akhir yang dicapai oleh yayasan sekolah tersebut. Dengan melihat contoh laporan keuangan ini, kita dapat mengetahui bagaimana sebuah yayasan sekolah dibiayai dan bagaimana sumber daya yang tersedia digunakan.

Deskripsi Yayasan Sekolah

Yayasan sekolah adalah organisasi yuridis nirlaba yang dibentuk untuk beroperasi dan menangani peran pendidikan, antisipasi masalah, tempat berkumpul, dan mana pun tujuan yang berkaitan dengan pendidikan suatu masyarakat. Yayasan dapat terdiri dari lembaga kemasyarakatan, organisasi nirlaba, organisasi swasta, atau bahkan asosiasi….

Yayasan sekolah melayani beberapa peran dalam melayani tujuan pendidikan eksternal, meliputi namun tidak terbatas pada:

  • Menyediakan dana bantuan untuk membantu siswa yang tidak mampu membayar uang sekolah atau biaya kuliah di sekolah atau universitas yang diarahkan.
  • Mengembangkan program dan saran untuk membantu siswa dan guru berprestasi tinggi, termasuk kardinal selama program persiapan pelatihan.
  • Terlibat dalam mengembangkan program dasar dan saran untuk menangani masalah pendidikan yang dihadapi anak-anak.
  • Menyediakan dukungan finansial untuk program kelas dan penelitian sekolah.

Yayasan sekolah juga akan menerapkan sistem kepegawaian yang melibatkan direktur, sekretaris, pengacara, dan akuntan untuk mengurus masalah organisasi dan pemasaran.

Pemasukan

Laporan keuangan yayasan sekolah memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana sekolah ini dibiayai. Pemasukan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa beberapa kategori berikut ini.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Aplikasi Pembukuan Keuangan Sekolah Terbaik!

Dana Publik

Yayasan sekolah menerima dana publik dari sejumlah sumber. Umumnya, ini termasuk dana yang disediakan oleh Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah secara langsung atau dalam bentuk penghibahan. Dana yang diberikan oleh pemerintah ini digunakan untuk mendukung biaya operasi sehari-hari sekolah.

Danadonasi Swasta

Yayasan sekolah juga menerima dana donasi dari individu dan lembaga swasta. Dana ini biasanya berfokus pada tujuan tertentu, seperti peningkatan kualitas pendidikan, pemeliharaan infrastruktur, penciptaan lapangan kerja, pemberian bantuan sosial, dan sebagainya.

Pemasukan Lainnya

Selain dana publik dan donasi, yayasan sekolah menerima sumber-sumber pemasukan lainnya. Beberapa contohnya adalah hasil jual barang, pendapatan lisensi, dan potongan pajak. Sumber pemasukan lainnya termasuk hasil pendapatan dari fasilitas sekolah seperti asrama, biaya pendidikan, perpustakaan, pusat olah raga, dan sebagainya.

Pengeluaran

Dalam laporan keuangan Yayasan Sekolah, salah satu kategori penting adalah pengeluaran. Pengeluaran sekolah tersebut akan menunjukkan seberapa banyak rugi yayasan. Agar pengeluaran dapat tercatat dengan benar dan akurat, ini terdiri dari beberapa bagian.

Anggaran pengeluaran yang harus dicatat adalah:

  • Gaji guru dan karyawan
  • Sewa gedung
  • Listrik, air, dan pembayaran lainnya
  • Biaya pengadaan buku atau pertukaran
  • Potongan pajak
  • Biaya kegiatan ekstrakurikuler
  • Pembayaran biaya sekolah bagi siswa
  • Biaya perawatan mesin

Untuk mencatat pengeluaran, Yayasan sekolah akan menggunakan ledger khusus. Ledger ini akan mencakup semua pengeluaran yayasan dan setiap bagian yang diakui di laporan keuangan. Ledger ini juga akan sangat berguna ketika bisnis ditinjau oleh auditor. Auditor akan mencatat semua angka yang ditulis di ledger ini untuk mengetahui seberapa banyak pengeluaran yayasan dan juga menilai seberapa efektif dan efisien pengeluaran itu.

Selain itu, Yayasan Sekolah juga memerlukan laporan pengeluaran yang disediakan oleh auditor. Laporan ini berisi rincian pengeluaran yayasan selama setahun dan juga penyebabnya. Hal ini dirancang agar setiap pengeluaran yayasan dapat dilihat dengan benar dan akurat. Namun, laporan ini tidak hanya membantu dalam mengontrol keuangan Yayasan, tetapi juga dapat digunakan sebagai petunjuk untuk pengeluaran berikutnya.

Baca Juga:  Menyusun Laporan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Menggunakan Excel

Kesimpulannya, untuk mencatat pengeluaran Yayasan Sekolah, perlu adanya ledger khusus, laporan pengeluaran yang disediakan oleh auditor, dan pedoman pengeluaran berikutnya.

Kesimpulan

Laporan keuangan yang disajikan oleh Yayasan Sekolah memiliki pentingnya tersendiri. Ini membantu pembeli untuk menilai kondisi keuangan, memeriksa nilai aset, mengidentifikasi penurunan laba yang bisa terjadi. Pada kesimpulannya, laporan ini biasanya digunakan untuk membantu menentukan jenis sumber daya tambahan yang dibutuhkan oleh lembaga.

Lebih khusus lagi, laporan keuangan Yayasan Sekolah membantu organisasi untuk mengumpulkan dan mempertahankan dana. Ini juga membantu instansi untuk menentukan apakah mereka memiliki suatu tujuan, seperti tujuan keuangan dan misi akuisisi. Dengan demikian, laporan keuangan dapat menjadi alat yang berguna untuk mendukung strategi bisnis yayasan secara keseluruhan.