Mengenal Konsep Laporan Keuangan Bumdes

Mengenal Konsep Laporan Keuangan Bumdes

Perkembangan bisnis di era digital membutuhkan sentuhan keuangan maupun manajemen yang efektif. Salah satu hal yang dapat meningkatkan kualitas manajemen dalam suatu bisnis adalah dengan mengenal konsep laporan keuangan Bumdes. Bumdes merupakan abbrvaition dari Badan Usaha Milik Desa yang merupakan usaha nirlaba di desa.

Laporan keuangan merupakan bagian penting dalam melakukan manajemen keuangan di setiap bisnis. Laporan keuangan yang dibuat oleh Bumdes sendiri juga memiliki konsep, aturan, dan cara pembuatannya yang berbeda dengan laporan keuangan yang biasa diterapkan pada sebuah bisnis di luar desa. Menguasai konsep laporan keuangan Bumdes dapat membantu pemilik Bumdes dalam mengelola bisnis mereka dengan baik.

Pendahuluan

Laporan keuangan merupakan salah satu bagian penting dari pengelolaan Bumdes. Laporan keuangan Bumdes mencerminkan seluruh transaksi yang terjadi dan beberapa aspek manajemen lainnya secara umum atau khusus. Perkembangan dan pengelolaan yang tepat dari laporan keuangan Bumdes akan memungkinkan Bagian Keuangan untuk mencapai tujuan dan misinya keuangan, dan akan berguna untuk membantu pengambilan keputusan manajemen.

Para pembuat laporan keuangan Bumdes memerlukan pengetahuan tentang konsep yang mendasari laporan keuangan untuk mengetahui bagaimana sumber dana, limitasi anggaran, kebijakan keuangan, dan struktur manajemen diterjemahkan dalam laporan keuangan.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang konsep dan prinsip laporan keuangan Bumdes, termasuk  prinsip akuntansi keuangan, proses penyusunan laporan keuangan Bumdes, serta berbagai macam jenis data dan informasi yang diambil dari laporan keuangan tersebut.

Baca Juga:  7 Rahasia Sukses Meraup Uang Erek-erekan

Pengertian Laporan Keuangan Bumdes

Laporan Keuangan Bumdes atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah laporan yang dibuat oleh Badan Usaha Milik Desa untuk melaporkan prestasi dan kinerja keuangan mereka. Laporan keuangan Bumdes menampilkan transaksi keuangan dari suatu periode terkait dan memungkinkan manajemen untuk merencanakan pertumbuhan usaha mereka. Laporan keuangan Bumdes juga menunjukkan kondisi finansial dan situasi perusahaan secara keseluruhan.

Laporan keuangan Bumdes terdiri dari berbagai jenis informasi yang berguna untuk manajemen, investor, dan pihak lain yang terkait dengan usaha tersebut. Jenis laporan umumnya menggunakan standar akuntansi di mana arus kas diuraikan, aset dan kewajiban diatur, dan beban dan pendapatan dicatat. Laporan keuangan umumnya juga berisi laporan posisi keuangan, laporan arus kas, dan laporan laba rugi. Pengertian laporan keuangan Bumdes sangat penting bagi bisnis dan penting diketahui oleh pemerintah desa, manajemen dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam usaha Bumdes.

Berikut ini adalah jenis laporan keuangan Bumdes yang harus dipelajari dan dimengerti untuk menjamin efisiensi dan kinerja organisasi:

  • Laporan Laba Rugi: Menggambarkan pendapatan, biaya, pengeluaran dan laba bersih dari Bumdes.
  • Rugi Laba komprehensif: Menggambarkan laba bersih selama periode waktu tertentu, termasuk nilai rugi yang diperkirakan di masa depan, jika ada.
  • Neraca: Menggambarkan aset dan kewajiban, baik tanggal yang tertentu atau rata-rata.
  • Laporan Arus Kas: Menggambarkan arus aliran kas periode waktu tertentu.
  • Catatan Atas Laporan Keuangan: Berisi informasi tambahan tentang transaksi tertentu.

Ternyata pengertian laporan keuangan Bumdes ini cukup banyak. Oleh karena itu, penting bagi Bumdes untuk tetap mencatat keuangan mereka secara akurat dan responsif untuk memastikan kepercayaan manajemen, investor, dan pihak berkepentingan lainnya.

Struktur Laporan Keuangan BUMDes

Organisasi BUMDes memerlukan sebuah instrumen yang disebut ‘Laporan Keuangan BUMDes’ yang bertujuan untuk pengelolaan, pelaporan, dan pengawasan keuangan mereka. Laporan ini memuat informasi mengenai laporan keuangan lengkap yang mencakup berbagai aktivitas organisasi. Struktur dari laporan keuangan ini tergantung dari organisasi BUMDes. Secara umum, struktur laporan keuangan BUMDes meliputi beberapa hal berikut:

Baca Juga:  Panduan Lengkap Cara Membuat Laporan Keuangan BUMdes di Excel

A. Laporan Arus Kas/ Kas Bank BUMDes

Laporan arus kas atau kas bank BUMDes adalah laporan yang khusus untuk menjelaskan informasi mengenai pendapatan, pengeluaran dan modal BUMDes. Laporan ini digunakan untuk memastikan bahwa semua arus kas yang terjadi di dalam BUMDes benar-benar direkam dan dicatat.

B. Neraca/Balance Sheet BUMDes

Neraca atau Balance Sheet BUMDes adalah laporan yang mencakup informasi tentang segala aset, kewajiban, dan modal BUMDes. Laporan ini seharusnya mencerminkan kondisi keuangan BUMDes pada tanggal tertentu. Pembuatan neraca ini sangat penting untuk memastikan struktur kewajiban dan aset organisasi benar-benar telah terproteksi.

C. Catatan Atas Laporan Keuangan BUMDes

Catatan atas laporan keuangan BUMDes adalah bagian penting karena biasanya menyediakan keterangan lebih lanjut tentang laporan keuangan daerah. Bagian ini biasanya diisi dengan informasi tentang kebijakan akuntansi dan manajemen BUMDes serta pengungkapan lainnya.

D. Laporan Laba Rugi/Pendapatan dan Pengeluaran BUMDes

Laba Rugi atau Pendapatan dan Pengeluaran BUMDes adalah laporan yang berisi informasi mengenai pendapatan yang dihasilkan dan pengeluaran yang dilakukan. Laporan ini akan memberikan informasi penting bagi pengambil keputusan BUMDes untuk mengkaji dan menilai kemampuan BUMDes menghasilkan pendapatan selama jangka waktu tertentu.

E. Laporan Perubahan Modal BUMDes

Laporan Perubahan Modal BUMDes adalah laporan yang berisi informasi mengenai semua aktivitas yang berhubungan dengan modal BUMDes seperti perubahan modal, penyertaan modal, dan lain-lain. Laporan ini sangat penting untuk memastikan bahwa modal BUMDes benar-benar berfuncion dan dikelola secara efisien.

Manfaat Laporan Keuangan Bumdes

Badan Usaha Milik Desa, atau lazim disebut Bumdes, adalah bentuk kelembagaan bagi Badan Usaha yang berada di bawah naungan desa atau kampung. Salah satu fungsi Bumdes adalah untuk belajar mengelola keuangan. Dan untuk melakukan hal tersebut, penyusunan laporan keuangan Bumdes menjadi suatu hal yang penting. Dengan memanfaatkan laporan keuangan Bumdes, akan memberikan banyak manfaat.

Baca Juga:  Bermain Capsa Susun Uang Asli Tanpa Deposit

Berikut ini adalah manfaat yang didapatkan dengan memanfaatkan laporan keuangan Bumdes:

  • Pertama, laporan keuangan Bumdes akan memberikan gambaran mengenai status keuangan Bumdes.
  • Kedua, laporan keuangan Bumdes dapat membantu menilai kemampuan finansial Bumdes.
  • Ketiga, laporan keuangan Bumdes juga akan membantu mengukur kesuksesan Bumdes dalam mencapai tujuan dan strategi yang telah ditetapkan.
  • Keempat, laporan keuangan Bumdes akan membantu menilai usaha apa yang produktif sekaligus mengurangi usaha sapa yang terlihat merugi.
  • Kelima, laporan keuangan Bumdes juga bermanfaat untuk menilai kesejahteraan Bumdes dan menilai sejauh mana cita-cita Bumdes.

Dari segi manfaat yang didapatkan, maka membuat dan menyusun laporan keuangan Bumdes dapat dikatakan sebagai salah satu hal yang penting bagi Bumdes. Selain memberikan manfaat diatas, laporan keuangan Bumdes juga bisa menjadi tolok ukur bagi pengambil keputusan, kinerja juga kredibilitas Bumdes di mata masyarakat.

Kesimpulan

Mengenal konsep laporan keuangan Bumdes merupakan hal yang vital bagi para pelaku bisnis, khususnya yang bergerak di bidang usaha pedesaan. Bentuk laporan ini cukup berguna untuk memonitor pendapatan, pengeluaran, utang, piutang, dan berbagai macam asset yang dimiliki perusahaan.

Terkadang, dibuatnya laporan keuangan Bumdes cukup rumit karena adanya kebutuhan untuk memenuhi aturan-aturan akuntansi yang berlaku dimasyarakat, namun mengerti konsep laporan keuangan Bumdes juga membuat anda lebih paham akan kinerja perusahaan anda.