Panduan Lengkap Cara Membuat Laporan Keuangan BUMdes di Excel

Panduan Lengkap Cara Membuat Laporan Keuangan BUMdes di Excel

Membuat laporan keuangan BUMDes (Lembaga Usaha Milik Desa) sudah menjadi salah satu tugas yang harus dilakukan secara berkala untuk mengetahui berapa tingkat realitas keuangan yang dihadapi desa. Pada dasarnya, pembuatan laporan keuangan BUMDes bisa menggunakan program Excel meskipun ini tidak selalu mudah.

Namun, dengan mengikuti petunjuk yang terurai dalam Panduan Lengkap Cara Membuat Laporan Keuangan BUMDes di Excel ini, diharapkan Anda bisa menghasilkan laporan yang valid dan akurat tanpa mengalami hambatan yang berarti. Kita mulai membuat laporan BUMDes di Excel dan bahas cara memasukkan data ke dalam data base yang telah ada.

Memahami Konsep dan Prinsip Pencatatan Keuangan

Konsep dan prinsip pencatatan keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis termasuk BUMDes. Sebaiknya Anda memahami konsep dan prinsip pencatatan keuangan sebelum Anda memulai membuat laporan keuangan BUMDes di Excel. Pahamilah bahwa pencatatan keuangan adalah pencatatan transaksi keuangan yang terjadi secara kontinu dan efektif untuk mengetahui kondisi keuangan organisasi.

Prinsip-prinsip yang harus dipahami oleh para pengusaha BUMDes adalah Honest, Accurate, Systematic dan Timely (HAST). Honest yang berarti bahwa semua informasi yang didapatkan harus benar-benar jujur. Koherensi yang berarti bahwa informasi yang diambil harus konsisten dalam pengukuran dan pemaparan hasil. Sistematis yang berarti bahwa metode pencatatan harus relevan bagi setiap organisasi. Timely artinya semua informasi harus dicatat dengan cepat dan tepat. Berikut ini dibagi menjadi beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan ketika memahami prinsip-prinsip pencatatan keuangan:

  • Siklus Akuntansi : Pencatatan keuangan tidak akan terjadi tanpa Siklus Akuntansi. Ini adalah siklus yang terdiri dari beberapa langkah seperti pengadaan, penerimaan, mencatat, mengevaluasi, dan mereview.
  • Terjadinya Transaksi : Transaksi yang terjadi dalam lingkup BUMDes harus dicatat dan ditutup dengan Akuntansi sesuai aturan.
  • Pembuatan Jurnal : Setiap transaksi yang terjadi harus dicatat di buku besar, journal, dan ledger secara konsisten.
  • Standar Akuntansi : Setiap lembaga BUMDes harus mematuhi standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.
Baca Juga:  Bagaimana Cara Membuat Laporan Keuangan untuk Klinik dan Apotek?

Pada dasarnya, konsep dan prinsip pencatatan keuangan untuk BUMDes sama ketika membuat laporan keuangan di Excel. Semua transaksi harus tercatat dengan benar, dan laporan harus dibuat sesuai aturan akuntansi yang berlaku. Dengan konsep dan prinsip pencatatan keuangan yang baik, diharapkan laporan keuangan BUMDes dapat selalu akurat dan terpercaya.

Menyiapkan Format Laporan Keuangan BUMdes di Excel

Format laporan keuangan merupakan salah satu format yang penting untuk diperhatikan saat membuat laporan keuangan BUMdes di Excel. Format laporan ini yang nantinya yang menentukan bagaimana laporan keuangan BUMdes akan terlihat. Namun sayangnya tidak semua orang mengetahui format laporan tersebut. Berikut ini merupakan panduan lengkap cara membuat laporan keuangan BUMdes di Excel:

Membuat Label Tiap Kolom

Tahap pertama adalah membuat label tiap kolom. Dimana label tersebut akan menjadi penanda bagi setiap kolom yang nanti akan diisi dengan nilai atau informasi lainnya. Kolom-kolom yang perlu di label adalah tanggal, no akun, nama, debet, kredit, dan keterangan mutasi. Buatlah label ini di baris atas tabel hasil buatannya.

Membuat Konstan dan Rumus Keuangan

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat konstan dan rumus keuangan. Terdapat tiga konstan yang harus di masukkan ke dalam laporan keuangan. Konstan tersebut yaitu pembuka, penutup, dan saldo awal. Selain itu juga disarankan untuk membuat rumus-rumus keuangan. Rumus-rumus keuangan seperti rumus total debet, kredit, dan balance laporan.

Memasukkan Data dan Informasi Multi-Kolom

Nah, berikutnya adalah dengan memasukkan data dan informasi yang dimiliki dari laporan keuangan BUMdes tsb kedalam laporan keuangan yang telah di buat sebelumnya. Data dan informasi yang bisa dimasukkan meliputi no akun, tanggal, keterangan mutasi, serta jumlah debet dan kredit. Pastikan informasi dan data yang dimasukkan ini sesuai dengan laporan keuangan BUMdes tersebut.

Baca Juga:  Cara Mudah Menghasilkan Uang dengan Klik Iklan

Menjalankan Verifikasi & Penutupan Laporan Keuangan

Terakhir adalah dengan menjalankan verifikasi dan melakukan penutupan laporan keuangan. Verifikasi sendiri merupakan kegiatan menyempurnakan laporan keuangan dari beberapa kekurangan yang mungkin terjadi. Penutupan laporan keuangan dimaksudkan untuk memastikan apakah laporan keuangan BUMdes telah selesai dan benar-benar siap untuk dikirim.

Demikian penjelasan tentang menyiapkan format laporan keuangan BUMdes di Excel. Dengan membuat laporan keuangan yang benar, maka laporan keuangan BUMdes dapat berjalan dengan lancar. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam membuat laporan keuangan BUMdes.

Menerapkan Pembukuan Keuangan di Excel

Pengelolaan keuangan adalah aspek penting bagi setiap BUMdes. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, aplikasi pembukuan keuangan dapat membantu anda dalam mengatur dan mencatat laporan keuangan dengan mudah. Salah satu aplikasi yang populer untuk pengelolaan keuangan adalah Microsoft Excel. Di dalam Microsoft Excel terdapat fitur yang memungkinkan anda untuk membuat laporan keuangan dengan mudah. Namun, tentu saja ada cara-cara tertentu yang harus anda lakukan saat menggunakan Microsoft Excel untuk memanage laporan keuangan BUMdes anda.

Berikut adalah panduan lengkap cara menerapkan pembukuan keuangan di Microsoft Excel:

1. Pahami Bagaimana Cara Penggunaan Microsoft Excel

Sebelum melangkah memasuki proses pengaturan pembukuan keuangan, anda harus terlebih dahulu memahami cara penggunaan Microsoft Excel terlebih dahulu. Cobalah untuk belajar tentang cara menggunakan fungsi dan fitur dasar Microsoft Excel seperti membuat grafik, membuat satu laporan, membuat diagram, dll.

2. Susun Tabel Pembukuan Keuangan

Setelah anda menguasai cara penggunaan dasar Microsoft Excel, selanjutnya anda harus mulai untuk menyusun tabel pembukuan keuangan. Suatu tabel pembukuan keuangan umumnya berisi informasi tentang pengeluaran, pendapatan, laba dan rugi, saldo buku, dll. Anda bisa mendapatkan tabel pembukuan keuangan di internet dan menyesuaikannya dengan kebutuhan BUMdes anda.

3. Masukkan Data Saluran Keuangan

Selesai dengan proses pembuatan tabel pembukuan keuangan, atur selanjutnya adalah menginput data keuangan. Anda bisa mengikuti alur data berikut:

  • Penerimaan Kas
  • Pembayaran Penggunaan Biaya
  • Penurunan Kas
  • Penambahan Kas
  • Pembayaran Gaji
  • Pembayaran Pajak
  • Penerimaan Pembayaran Utang
  • Pembayaran Bunga
Baca Juga:  Contoh Laporan Keuangan Sekolah Dasar untuk Mencapai Tujuan Pendidikan Ideal

4. Analisis Keuangan

Setelah anda selesai menginput semua data, selanjutnya anda bisa mulai melakukan analisis keuangan. Dengan menggunakan Microsoft Excel, anda bisa mengakses laporan keuangan secara tertata dan sekaligus melakukan pembuatan grafik yang berguna untuk analisis keuangan. Cobalah untuk memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Microsoft Excel seperti menghitung rasio keuangan, menetapkan budget, dll.

5. Derafkan Laporan Keuangan

Berikutnya, anda harus mulai menyusun laporan keuangan. Laporan tersebut itu kemudian akan diberikan kepada kepala BUMdes atau investor yang menjadi bagian dari BUMdes. Untuk membuat laporan keuangan yang baik, anda bisa memanfaatkan fitur-fitur dari Microsoft Excel untuk menyusun laporan dengan rapi. Sebaiknya anda juga mengikuti format laporan yang telah ditetapkan oleh peraturan perpajakan yang berlaku di negara anda.

6. Cetak dan Simpan Data Keuangan

Terkahir, cetak dan simpan data keuangan. Anda bisa mencetak laporan keuangan dalam bentuk format dokumen Microsoft Word atau dokumen PDF, sesuai dengan kebutuhan. Anda juga harus memastikan bahwa anda menyimpan master data dari laporan keuangan di dalam Microsoft Excel sebagai backup data penting.

Menerapkan pembukuan keuangan di Microsoft Excel dapat membantu anda menjalankan keuangan BUMdes anda dengan efisien. Dengan menerapkan cara-cara di atas, anda bisa memaksimalkan data keuangan BUMdes anda dan menghasilkan laporan keuangan dengan mudah.

Kesimpulan

Dengan menerapkan panduan ini, proses membuat laporan keuangan BUMDes di Excel telah dapat dilakukan dengan mudah dan aman. Karena laporan keuangan dapat membantu BUMDes untuk melakukan analisis yang tepat dan memantau kehidupan bisnisnya, maka metode ini patut dipertimbangkan untuk digunakan.

Akhirnya, tujuan dari panduan ini adalah untuk memberi pemahaman dan bantuan untuk membuat laporan keuangan BUMDes dengan Excel dan juga memberikan tips dan trik terbaik supaya prosesnya berjalan lebih efisien.